TANAMAN KAKTUS GYMNO WARNA WARNI

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo sobat semua

Selamat datang di blog kesayangan kita bersama.


Artikel kali ini kita akan membahas mengenai tanaman kaktus.  Tanaman kaktus jenis apakah itu? Yaps,  sesuai dengan judul artikel ini, kita akan membahas mengenai kaktus gymno warna warni. Kenapa disebut Gymno warna warni? Dikarenakan kaktus ini memiliki warna yang beragam mulai dari warna kuning,  warna ungu, warna pink,  warna merah, warna orange, dan warna lainnya. 

Tampilan salah satu varian warna kaktus gymno seperti ini sobat 


Saat pandemi ini,  banyak aktivitas masyarakat dilakukan di rumah. Kondisi tersebut melahirkan hobi baru yakni memelihara tanaman. Aktivitas ini dilakukan untuk mengurangi ataupun menghilangkan kejenuhan selama di rumah.  

Tanaman kaktus dapat dijadikan sebagai hiasan di luar maupun di dalam rumah karena dapat menjadi pemanis pada sudut rumah. Selain tidak memerlukan perawatan yang rumit, tanaman ini juga memiliki jenis dan warna yang beragam.

Saat ini kaktus gymno mulai diburu atau dilirik pecinta/penghobi tanaman hias dikarenakan bentuknya unik, warna mencolok, dan tentunya mudah dirawat. 

Ukuran kaktus ini adalah mini atau tidak sebesar seperti tanaman kaktus pada umumnya. Yang menarik dari jenis kaktus bernama latin gymnocalycium ini adalah hasil dari budidayanya bisa laris manis diperjual belikan dikarenakan warna yang dimiliki unik dan mencolok, sehingga jika diletakkan dalam ruangan terlihat lebih menonjol dan segar dipandang mata.

Mengenai perbanyakan tanaman ini, dapat dilakukan secara langsung untuk ditanam dari anakan tanaman indukan ataupun kita bisa melakukan secara grafting dengan batang buah naga.  

Perawatan tananaman kaktus ini mudah. Penyiraman dilakukan cukup satu minggu sekali, sehingga tidak perlu khawatir jika beberapa hari lupa menyiram tanaman. Pertumbuhan kaktus pun agak lambat, bisa bulanan bahkan sampai tahunan. 

Perawatan kaktus berbeda dengan tanaman hias yang lainnya, kebanyakan sangat sensitif terhadap kesalahan perawatan, apalagi pada saat musim panas, bagus sekali menanam kaktus. 

Tanaman kaktus, akan mengalami pembusukan pada bagian akar apabila terlalu lama terendam dengan air. Oleh karena itu jangan terlalu berlebih menyiram tanaman ataupun jangan diletakkan ditempat yang terkena air hujan. 

Tumbuhan kaktus membawa banyak manfaat bagi lingkungan sekitar tempatnya ditanam. Mulai dari membersihkan udara hingga memulihkan penyakit.

Seperti yang sobat ketahui, tanaman menghasilkan oksigen pada siang hari sebagai hasil dari proses fotosintesis. Kemudian pada malam hari, tanaman akan menghasilkan karbon dioksida. Tanaman kaktus adalah salah satu tanaman yang  menghasilkan oksigen, pada siang maupun malam hari. Hal ini pastinya akan meningkatkan kualitas pernapasan penghuni hunian yang ditanami tumbuhan kaktus tersebut.  

Tidak hanya berhubungan dengan udara sekitar lingkungan, tanaman kaktus juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang dengan mencegah masuknya penyakit. Hunian dengan tanaman kaktus akan menghasilkan kelembaban pada udara sekitar. Semakin banyak tanaman yang ada, akan semakin lembap udara yang ada. Dengan begitu, penyakit seperti radang tenggorokan, bibir pecah-pecah, kulit kering, dan mimisan dapat dicegah.

Sekian pembahasan artikel kita hari ini mengenal kaktus gymnonya sobat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sobat semua.

 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Comments

Post a Comment

Popular Posts