CARA AGAR BUAH JAMBU TIDAK BERULAT DAN BUSUK

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Hallo sobat semua,  selamat datang di blog kesayangan kita. 

Kesempatan ini, kita akan bahas artikel mengenai cara agar jambu air madu tidak berulat dan busuk.  Cara yang digunakan sangat mudah sobat, yaitu menggunakan fruit cover.  Fruit cover ini dapat sobat beli di toko pertanian atau memesannya di toko online. Sobat dapat membeli secara satuan atau perbungkus. Ukuran fruit cover ini memiliki berbagai ukuran mulai dari : 
S      (15 x 15 cm)
M    (20 x 25 cm) 
L     (25 x 30 cm)
XL  ( 30 x 40 cm) 
XXl ( 45 x 50 cm) 

Berikut ini tampilan fruit covernya sobat



Selain fruit cover, di dalam fruit cover tersebut diberi juga kawat pengingat. Kawat pengikat ini digunakan untuk mengaitkan fruit cover dengan batang atau tangkai tanaman jambu air madu. Selain dapat digunakan untuk tanaman jambu,  dapat juga diaplikasikan ke buah lainnya, seperti leci, kelengkeng, cherry,  tomat, jambu kristal, jeruk, dan lain sebagainya. 

Adapun manfaat dari fruit cover ini yaitu :
- Mempercepat dan meningkatkan hasil panen

- Melindungi suhu dingin yang extreme,  air hujan, panas, serangga, pestisida, debu, burung,  dan sinar UV matahari

- Meningkatkan kualitas penampilan buah

- Sirkulasi udara sekitar buah tetap baik

Untuk aplikasi fruit cover ke tanaman jambu, sobat tinggal membungkus buah jambu air madu yang sudah berguguran bunganya. Setelah buah jambu dibungkus, sobat kaitkan fruit cover ke batang atau tangkai buah dengan kawat pengikat. Sebaiknya sebelum membungkus buah jambu, sobat kurangi buah jambu dan tinggalkan beberapa buah saja,  hal ini bertujuan agar buah jambu yang ada menjadi berukuran lebih besar dan buah tidak padat di dalam fruit cover. Apabila fruit cover ini sobat pasang berukuran kecil, maka saat buah sudah besar fruit cover akan menjadi ketat akibat padatnya buah jambu di dalamnya. Jika fruit cover ketat, hama lalat buah betina akan mudah hinggap dan meletakkan atau menyuntikkan telurnya ke dalam buah. Oleh karena itu sebaiknya sobat pakai fruit cover ini sesuai keadaan atau yang berukuran lebih besar.  

Jangan membungkus buah jambu saat sudah mulai besar, karena lalat buah betina akan segera hinggap dan meletakkan telur-telurnya ke dalam buah jambu. Lalat buah ini yang menyebabkan buah jambu berulat dan menjadi busuk. Telur lalat buah akan menetas menjadi larva di dalam buah jambu.

Sekian artikel kita kali ini. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk sobat semua.  

Mohon maaf apabila ada penyampaian saya yang tidak berkenan untuk sobat semua.  

Terima kasih sobat...

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Comments

Post a Comment

Popular Posts