TANAMAN BINAHONG

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hallo sobat semua…

Selamat datang di blog kesayangan kita bersama.

Hari ini kita akan membahas artikel mengenai tanaman. Tanaman apakah itu?

Sesuai dengan judul artikel ini, kita akan membahas mengenai tanaman herbal yaitu Tanaman Binahong.

Seperti ini sobat tampilan Tanaman Binahongnya



Adapun Taksonomi Tanaman Binahong sebagai berikut:

Kingdom                  : Plantae

Sub Kingdom                     : Viridiplantae

Infra Kingdom                   : Streptophyta

Super Divisi                         : Embryophyta

Divisi                                   : Tracheopyta

Sub Divisi                             : Spermatophytina

Kelas                                     :  Magnoliopsida

Super Ordo                         :  Caryophyllanae

Ordo                                      :  Caryophyllales

Famili                                    : Basellaceae

Genus                                   : Anredera Juss

Spesies                 : Anredera Cordifolia (Ten) Steenis

Tanaman Binahong atau nama latin Anredera Cordifolia adalah salah satu jenis tanaman herbal yang kandungannya bermanfaat untuk kesehatan. Biasanya masyarakat memanfaatkan tanaman ini untuk mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari kerusakan ginjal, pembengkakan jantung, muntah, diabetes, tifus, wasir, stroke, pemulihan pasca operasi, rhematik, menyembuhkan  luka dalam dan khitanan, radang usus, melancarkan dan menormalkan peredaran dan tekanan darah, sesak nafas, sembelit, sariawan, pusing-pusing, menurunkan panas, sakit magh, asam urat, daya tahan tubuh dan lain sebagainya.  Bagian dari Tanaman Binahong yang digunakan dan berkhasiat untuk pengobatan adalah daun, batang, akar, dan bunga yang menempel pada ketiak daun tersebut.

Kandungan dalam daun binahong adalah steroid, flavonoid, minyak atsiri, alkaloid, tannin, triterpenoid, dan saponin. Sedangkan warna batang Tanaman Binahong ada yang berwarna merah ataupun hijau. Tanaman merambat ini perlu dikembangkan dan diteliti lebih jauh terutama untuk mengungkapkan khasiat dari bahan aktif yang dikandungnya.

Bagian dari tanaman binahong hampir semuanya dapat dimanfaatkan mulai akar, bunga, dan daun. Akan tetapi bagian yang banyak digunakan sebagai obat herbal adalah bagian daun. Pemakaian daun binahong secara tradisional dapat dilakukan dengan cara merebusnya, kemudian air rebusan tersebut dapat diminum secara langsung saat kondisi air rebusan hangat. Saat ini tanaman binahong juga dapat dikemas dalam bentuk kapsul sehingga mudah dikonsumsi. Selain itu juga masyarakat yang memakan daunnya beberapa helai secara langsung ataupun menumbuk daun binahong dan menempelkan hasil tumbuhkan tersebut ke bagian yang sakit atau membasuh luka dengan air rebusan daun binahong.

Tanaman Binahong mudah tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Selain sebagai tanaman herbal, tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias di dalam pot, halaman, pekarangan rumah ataupun kebun. Tanaman herbal ini suka tumbuh pada tanah humus yang tebal, berpasir ringan, toleransi terhadap kondisi kekeringan serta tumbuh baik pada keadaan setengah teduh ataupun teduh. Tanaman Binahong adalah salah satu jenis tanaman dengan rhizome yang tumbuh mendatar dan bercabang-cabang. Selain itu Tanaman Binahong merupakan tanaman menjalar yang bersifat perennial (berumur panjang/lama).

Daun binahong sendiri termasuk dalam daun tunggal, terletak berseling, memiliki tangkai yang pendek, berbentuk jantung, ujung runcing, pangkal berlekuk, tepi rata, helaian daun tipis lemas, warna daun hijau dan merah keunguan, serta memiliki permukaan licin dan mengkilap.

Batang tanaman binahong lunak, berbentuk silindris, saling membelit, berwarna merah ataupun hijau kecokelatan dan bagian solid dengan permukaan yang halus dan mengkilap saat muda.

Akar binahong berjenis akar tunggang dengan tekstur lunak berwarna cokelat tua.

Binahong mempunyai bunga majemuk berbentuk malai yang cukup panjang. Bunga yang muncul di ketiak daun ini bertangkai panjang dengan mahkota berwarna krem keputih-putihan dan beraroma harum.

Perbanyakan tanaman binahong dapat dilakukan secara generatif (biji) ataupun secara vegetatif. Biasanya masyarakat lebih sering memperbanyak tanaman ini dengan cara vegetatif melalui akar rimpangnya.

Cukup sekian pembahasan artikel kita hari ini mengenai Tanaman Binahong. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk sobat semua…

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Comments

Post a Comment

Popular Posts