PENGURANGAN DAUN KACANG PANJANG

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh...

Hallo sobat semua

Selamat datang di blog kesayangan kita sobat...

Hari ini kita akan membahas mengenai pengurangan daun kacang panjang. Apa manfaat dari pengurangan daun kacang panjang tersebut? Mari kita bahas mengenai hal tersebut sobat. Let's Go...


Bagi sobat yang belum tahu bentuk tampilan kacang panjang, seperti ini tampilannya sobat





Penanaman tanaman kacang panjang berdasarkan foto diatas, dilakukan secara tumpang sari dengan tanaman kelapa sawit. Selain bisa ditanam secara tumpang sari, bisa juga kita lakukan penanaman secara satu jenis tanaman saja di dalam satu lahan atau nama lainnya Monokultur. Tanaman Kacang panjang ditanam menggunakan mulsa, mulsa ini berfungsi salah satunya agar mengurangi tumbuhnya gulma di lahan. 

Sebelum kacang panjang tersebut ditanam, tanaman yang ditanam di bedengan adalah mentimun. Sebelum mentimun habis masa panennya, kita sudah menyisipkan benih kacang panjang di bedengan mulsa. Sehingga setelah masa panen mentimun berakhir, tanaman kacang panjang telah tumbuh diantara bekas tanaman mentimun tersebut. Terjadi rotasi penanaman tanaman dalam selang waktu tertentu, sehingga kita bisa panen secara lebih cepat, karena lebih awal dilakukan penanaman tersebut, antara tanaman mentimun dengan  kacang panjang. 

Pengurangan daun kacang panjang dilakukan secukupnya saja, tidak semua daun diambil atau dikurangi. Kami biasanya mengurangi daun kacang panjang, hanya daun mudanya saja dengan cara dipetik, itupun tidak semua daun muda yang dipetik.

Pengurangan daun kacang panjang dimaksudkan untuk mengoptimalkan hasil panen kacang panjang menjadi lebih baik. Hasil dari pengurangan daun kacang panjang yang muda, dapat kita olah menjadi makanan yang bergizi. Daun muda kacang panjang dapat dimasak menjadi sayur putih, yang dimasak menggunakan santan. Rasa sayurnya ini sedap dan tentunya bergizi.

Adapun cara pengurangan daun kacang panjang dapat dilakukan dengan cara dipetik dengan tangan. Apabila tidak mau menggunakan tangan untuk memetiknya, bisa menggunakan gunting. 

Seperti ini cara memetik daun kacang panjangnga sobat



Mudahkan sobat caranya? hanya dengan memetik daun kacang panjang yang muda kita dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang panjang dan kita juga dapat manfaat dari memasak daun kacang panjang tersebut. Panen dapat, konsumsi juga dapat. Alhamdulillah....


Seperti ini sobat tampilan daun kacang panjang yang dipetik dari  hasil pengurangan daun kacang panjangnya 


Sekian pembahasan kita mengenai pengurangan daun kacang panjang.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Apabila ada pertanyaan,  silahkan beri komentar di kolom komentar.  Terima kasih sobat semua. 


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 






Comments

Popular Posts