Tomat Cherry

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 


Hallo sobat kami semua...

Selamat datang di blog kebanggan kita bersama.

Kali ini, kita akan membahas mengenai tanaman tomat.  Tanaman tomat ini ukurannya kecil sobat.  Walaupun ukuran kecil namun manfaatnya besar untuk tubuh kita. Mungkin dari sobat semua sudah pernah tahu dan pernah lihat tanaman tomat tersebut. Seperti ini sobat tampilan buah tomat cherrynya



Tanaman tomat tersebut biasanya disebut tomat cherry. Tomat Cherry adalah suatu jenis tomat yang memiliki ukuran lebih kecil dari jenis tomat biasa pada umumnya yang sering kita jumpai dipasaran. Biasanya tomat cherry ini kita temukan di pasar modern atau supermarket dan jarang kita temukan dipasar tradisional. Kalaupun ada mungkin hanya sedikit yang menjual di pasar tradisional.  


Tomat Cherry memiliki berbagai ukuran dari yang sebesar buah Cherry sampai dengan yang berukuran sebesar bola pingpong dengan bentuk  bulat atau agak lonjong. Saat masih muda atau belum matang, buah tomat berwarna hijau dan saat mulai matang tomat ini berwarna merah. Karena ukuran buah tomat ini kecil dan berwarna merah, maka orang sering menyebutkan buah ini sebagai buah tomat cherry. 


Budidaya tanaman tomat ini dapat dilakukan secara konvensional atau menggunakan media tanah dan juga bisa menggunakan sistem hidroponik. Tanaman tomat ini berumur cukup lama asalkan tetap memperhatikan perawatannya.  Batang tanaman ini dapat kita jalarkan ke lanjaran sebagai penopang batang tanamannya.


Buah Tomat cherry yang berkualitas baik memiliki ciri – ciri yaitu : memiliki warna yang tetap/konstan (tidak ada corak dalam satu buah), memiliki kulit buah yang halus, dan berwarna kemerahan.


Adapun ciri – ciri tomat cherry yang kurang baik antara lain : terasa terlalu lunak, memar, memiliki kulit buah yang berkerut (keriput) atau rusak, kulit buah terkelupas, dan corak warna tidak konstan/tetap.


Walaupun ukuran Tomat Cherry kecil atau mini, namun dibalik ukuran tersebut, buah tersebut memiliki manfaat bagi tubuh kita,  seperti: rendah lemak jenuh dan kolesterol,  rendah sodium,  serat, sumber Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Thiamin, Niacin, Folat, Magnesium, Kalium, Mangan, Fosfor dan Tembaga.


Rasa Buah Tomat Cherry adalah manis  dan bisa  dimakan langsung, namun sebelum dimakan harus diperhatikan dulu kebersihan buah dengan cara dicuci terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Biasanya masyarakat mengolah buah ini menjadi salad.  Selain itu dapat dibuat sebagai Garnish pada makanan.  Semua tergantung kebutuhan dan keinginan kita dalam mengkreasikan makanan kita. 


Sampai sini dulu pembahasan artikel kita mengenai tomat cheerynya sobat. Kita akan membahas mengenai artikel lainnya dipertemuan selanjutnya, dan tentunya pasti mengenai tanaman. Jangan bosan-bosan tetap kunjungi laman kita ya.  Dan lihat artikel kami yang menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya sobat. Terima kasih... 


Wassalamua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 

Comments

Post a Comment

Popular Posts