CARA PERBANYAK DAN PENANAMAN BUNGA JANDA BOLONG

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 


Hallo sobat semua,  selamat datang di blog kita.  Artikel kita kali ini mengenai tutorial perbanyakan dan penanaman bunga janda bolong. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan cara stek batang. 


Adapun bahan dan alat yang diperlukan yaitu:

1. Batang bunga janda bolong

2. Tanah hitam

3. Sekam padi bakar

4. Pupuk kompos/kandang

5. Air

6. Fungisida

7. Vitamin B1 tanaman

8. Pisau/alat untuk membuat lubang tanam

9. Pot bunga/polybag

10. Ember

11. Pisau


Setelah kita siapkan bahan dan alatnya,  waktunya kita mulai perbanyakan dan penanaman bunga janda bolongnya sobat. Mari menanam... Let's Go... 

Sebelum kita masuk ke praktek perbanyakan dan penanaman bunga, mungkin sobat belum tahu seperti apa bentuk penampilan bunga janda bolongnya. Berikut penampilan bunga janda bolongnya sobat. 





Indah dan menarik bunga ini kan sobat. Bentuk daun yang bolong. Inilah dia bunga janda bolong nya. Nama lain dari bunga ini adalah monstera. 

Setelah mengetahui penampilan bunga janda bolongnya.  Berikut tahapan-tahapan perbanyakan dan penanaman bunga tersebut. 

Berikut langkah menanam bunga janda bolongnya: 

1. Langkah awal,  kita potong batang tanaman bunga janda bolong dari tanaman indukannya dengan pisau, lalu rendam batang yang dipotong tadi dengan larutan air, vitamin b1 tanaman, dan fungisida.  Rendam lebih kurang tiga sampai lima jam. Media tempat larutan tersebut bisa menggunakan ember atau botol minuman mineral bekas. 

2. Kemudian,  selagi kita menunggu waktu pengangkatan batang bunga janda bolongnya, kita campurkan tanah hitam, sekam padi bakar,  dan pupuk kompos. Perbandingan nya (1:1/2:1/2). Campuran ini digunakan untuk media tanamnya nanti.

3. Selanjutnya, setelah dicampur media tanamnya, masukkan tanah tersebut ke pot bunga atau polybag. Pengisian media tanam jangan sampai penuh ke permukaan media tanam. Namun, tinggalkan jarak tanah ke permukaan pot/polybag sekitar lebih kurang 10 cm.  Hal ini dilakukan agar media tanam tidak terbuang saat penyiraman bunga. 

4. Setelah batang bunga janda bolong di rendam selama lebih kurang 5 jam, kemudian buat lubang tanam ditengah-tengah pot dengan bantuan alat. Lalu masukkan batang bunga janda bolong yang direndam tadi ke lubang tanam tersebut.  

5. Tutup lubang tanam dengan tanah kembali. Tetap lakukan hati-hati saat menutup lubang tanamnya ya sobat. 

6. Setelah itu,  siram media tanam dengan air secukupnya saja. Air penyiraman ini dapat kita pakai dari larutan perendaman batang bunga janda bolong tadi. 

7. Letak tanaman di tempat teduh,  terhindar dari sinar matahari dan air hujan.  Letak selama lebih kurang dua minggu.  Tanaman dapat disiram saat media tanam mulai kering.  Jangan menyiram tanaman saat media basah (dikhawatirkan perakaran akan busuk). 

8. Setelah dua minggu diletak ditempat teduh, tanaman dapat kita letak di teras rumah dengan perlakuan jangan terkena sinar matahari yang berlebih (dikhawatirkan daun akan menguning akibat terpapar sinar matahari yang berlebih). Tetap siram tanaman bunga janda bolong saat media mulai kering ya sobat.  

9. Untuk perawatan tanaman, siram tanaman secara teratur, dan dapat diberi pupuk tambahan yaitu pupuk NPK seminggu sekali dengan dosis cukup,  sesuai dengan umur tanaman,  besar tanaman, dan komposisi pupuk tersebut. Selain menggunakan pupuk kimia, kita juga bisa menggunakan pupuk kompos atau kandang.


Sekian tutorial perbanyakan dan penanaman bunga janda bolongnya sobat. Semoga info ini dapat memberikan manfaat bagi sobat semua.  Apabila ada pertanyaan silahkan tulis kemontar di kolom komentar atau tulis yang mau ditanya ke email kami.  Terima kasih sekali lagi sobat. 


Selamat menanam sobat semua... 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 


Comments

Post a Comment

Popular Posts