AGLONEMA ROTUNDUM ACEH

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 


Hallo sobat semua,  selamat datang di blog kita.  Artikel pertama kita di blog ini mengenai tutorial penanaman aglonema rotundum aceh. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah sekali, asalkan kita menyediakan perlengkapan bahan dan alatnya. 


Adapun bahan dan alat yang diperlukan yaitu:

1. Bibit rotundum aceh

2. Tanah hitam

3. Sekam padi bakar

4. Pupuk kompos/kandang

5. Air

6. Fungisida

7. Vitamin B1 tanaman

8. Pisau/alat untuk membuat lubang tanam

9. Pot bunga/polybag

10. Ember


Setelah kita siapkan bahan dan alatnya,  waktunya kita mulai penanaman bunga aglonema rotundum acehnya sobat. Mari menanam... Let's Go... 

Sebelum kita masuk ke praktek penanaman bunga, mungkin sobat belum tahu seperti apa bentuk penampilan bunga aglonema rotundum aceh nya. Berikut penampilan bunga aglonema rotundem aceh nya sobat. 



Indah dan menarik bunga ini kan sobat. Inilah dia bunga aglonema rotundum aceh nya. 

Setelah mengetahui penampilan bunga aglonema rotundem aceh nya.  Berikut tahapan-tahapan penanaman bunga tersebut. 

Berikut langkah menanam bunga aglonema rotundum aceh: 

1. Langkah awal,  kita rendam perakaran bibit aglonema rotundum aceh dengan larutan air, vitamin b1 tanaman, dan fungisida.  Rendam lebih kurang tiga sampai lima jam. Media tempat larutan bisa menggunakan ember atau botol minuman mineral bekas. 

2. Kemudian,  selagi kita menunggu waktu pengangkatan bibit aglonema rotundum acehnya, kita campurkan tanah hitam, sekam padi bakar,  dan pupuk kompos. Perbandingan nya (1:1/2:1/2). Campuran ini digunakan untuk media tanamnya.

3. Selanjutnya, setelah dicampur media tanamnya, masukkan tanah tersebut ke pot bunga. Pengisian media tanam jangan sampai penuh ke permukaan pot. Namun, tinggalkan jarak tanah ke permukaan pot sekitar lebih kurang 10 cm.  Hal ini dilakukan agar media tanam tidak terbuang saat penyiraman bunga. 

4. Kemudian buat lubang tanam ditengah-tengah pot dengan bantuan alat. Lalu masukkan bibit aglonema rotundum aceh yang direndam tadi ke lubang tanam. 

5. Tutup lubang tanam dengan tanah kembali. Tetap lakukan hati-hati saat menutup lubang tanamnya ya sobat. 

6. Setelah itu,  siram media tanam dengan air secukupnya saja. 

7. Letak tanaman di tempat teduh,  terhindar dari sinar matahari dan air hujan.  Letak selama lebih kurang seminggu.  Tanaman dapat disiram saat media tanam mulai kering.  Jangan menyiram tanaman saat media basah (dikhawatirkan perakaran akan busuk). 

8. Setelah seminggu diletak ditempat teduh, tanaman dapat kita letak di teras rumah dengan perlakuan jangan terkena sinar matahari yang berlebih (dikhawatirkan daun akan menguning akibat terpapar sinar matahari yang berlebih). Tetap siram tanaman saat media mulai kering. 

9. Perawatan tanaman, siram tanaman secara teratur, dan dapat diberi pupuk tambahan yaitu pupuk NPK seminggu sekali dengan dosis cukup,  sesuai dengan umur tanaman,  besar tanaman, dan komposisi pupuk tersebut. 


Sekian tutorial penanaman tanaman aglonema rotundum aceh nya sobat. Semoga info ini dapat memberikan manfaat bagi sobat semua.  Apabila ada pertanyaan silahkan tulis kemontar di kolom komentar atau tulis yang mau ditanya ke email kami.  Terima kasih sekali lagi sobat. 


Selamat menanam sobat semua... 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... 


Comments

  1. Apakah tanaman ini agan jual? Dimana bisa saya dapatkan?

    ReplyDelete
  2. Blum pernah saya lihat bunga ini kak. Menarik corak warnanya.

    ReplyDelete
  3. Wahhh keren2 dan menarik sekali blog ini sangat menginspirasi khalayak ramai, tetap semangat abang blogger 💪✊

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts